Translate

Tuesday, May 16, 2017

Kuliah Ekonomi dan Keuangan Islam di Inggris


Arsip Tulisan 6 Tahun Yang lalu (Yudi Ahmad Faisal).

Praktik system ekonomi dan keuangan Islam yang terefleksikan melalui perbankan dan institusi keuangan Islam lainnya bukan semata-mata phenomena local dunia Islam. Perkembangan global system tersebut telah masuk kepada struktur keuangan Barat, termasuk Inggris. Industry ekonomi dan keuangan Islam dunia diestimasikan mencapai pertumbuhan 10-15% per tahun, dengan lebih dari 300 institusi keuangan dan ekonomi tersebar di 75 negara[1]. Bahkan media maya ternama perbankan dunia the Banker mencatat terdapat 500 institusi keuangan Islam di dunia[2]. Sistem ini telah menjadi phenomena kontemporer yang menjadi perhatian masyarakat dunia dan bukan merupakan industri yang bersifat eksklusif untuk Umat Islam saja, tetapi juga menyebar secara inklusif menyasar Negara-negara mayoritas non-Muslim.

Dalam konteks Inggris, ide pembuatan bank Islam dimulai dari tahun 2002 dimana the Islamic House of Britain didirikan untuk mengkaji pendirian bank Islam dan mengumpulkan modal awal bagi rencana tersebut[3]. Di tahun 2004, Bank Islam pertama Inggris Islamic Bank of Britain didirikan dan disetujui oleh otoritas keuangan Inggris (Financial Services Authority)[4]. Setelah itu bermunculan lembaga-lembaga keuangan Islam lainnya, seperti HSBC Amanah, European Islamic Investment Bank[5], Ahli United Bank, Amanah Home Finance, Llyods TSB-Islamic windows, dll. Keberadaan institusi tersebut menandakan tumbuh dan berkembanganya permintaan pasar (market demand) instrument keuangan Islam di Negara ini.

Salah satu aspek yang berkembang seiring dengan perkembangan industry keuangan Islam adalah pendidikan ekonomi dan dan keuangan Islam. Berbagai lembaga pendidikan tinggi di dunia termasuk di Inggris membuka program untuk menunjang perkembangan industry tersebut baik tingkat non-degree, diploma, S-1, S-2 sampai dengan tingkat S-3. Sebagai pusat industry keuangan Islam di Eropa, Inggris menyediakan berbagai program pendidikan ekonomi keuangan Islam di berbagai universitas ternama, seperti Durham University, Reading University, Bangor University, SOAS University of London, Newcastle University, dan berbagai universitas lainnya.  

Sekilas Mengenai Program Pendidikan Ekonomi dan Keuangan Islam di Inggris
Kurikulum dan Silabi Program Ekonomi Keuangan Islam berbagai universitas di Inggris secara esensi mempunyai kesamaan dalam hal pengintegrasian mata kuliah umum bidang ekonomi dan manajemen dengan mata kuliah yang berhubungan dengan kajian Islam dibidang ekonomi dan keuangan, seperti ushul fiqh (Jurisprudensi Islam), dan fiqh muamalah (Hukum Dagang Islam).

Penggabungan tersebut merefleksikan interkoneksi antara prinsip-prinsip Islam sebagai fondasi filosofis ekonomi keuangan Islam dengan aspek-aspek teknis di bidang ekonomi dan manajemen modern. Secara umum, kurikulum pendidikan ekonomi keuangan Islam di Inggris mewakili konsep pengintegrasian tersebut. Yang membedakan dari setiap program tersebut adalah arah kompetensi inti (core competency) yang menjadi tujuan spesifik sebuah program studi. Contoh berikut adalah perbandingan silabi program magister (MSc) dibidang keuangan Islam antara Reading University, Durham University, dan Salford University:

Tabel 1.Perbandingan Silabi Magister Islamic Finance
MSc Investment Banking and Islamic Finance
Reading University
MSc in Islamic Finance
Durham University
MSc in Islamic Banking and Finance
Salford University
Bagian I
Securities, Futures and Options
Investments
Financial Analysis
Financial Markets
Introductory Quantitative Methods
Mata Kuliah Inti
Islamic Banking and Finance
Islamic Law and Financial Transactions
Islamic Political Economy
Advanced Financial Theory
Econometrics I
Portfolio Management
Corporate Finance
Mata Kuliah Inti
Research Methods
Accounting
Corporate Finance 1
Philosophy of Islamic Economics and Finance
Risk, Regulation & Compliance
Islamic Banking Operations, Products & Services
Islamic Financial Markets & Instruments

Bagian II
Corporate Finance
Design, Implementation and Risk Aspects of
Islamic Financial Products and Services
Islamic Financial Institutions and Markets
The Principles of Islamic Commercial
Jurisprudence and the Nominate Contracts

Bagian III
Islamic Capital Markets
Islamic Economics
Research Project
Wealth Planning and Management
Mata Kuliah Pilihan
International Finance
Islamic Accounting
Financial Management
Behavioural Finance
Multinational Finance
International Financial Asset Management
Financial Risk Management
Derivative Markets
Financial Modelling and Business Forecasting
Corporate Governance
Mata Kuliah Pilihan
Relationship Banking
Wealth Management & Private Banking
Sustainable & Social Banking
Emerging Financial Markets
International Financial Markets

Sumber: Dari website Reading University, Durham University, dan Salford University (2011)[6]
Dari setiap silabi tersebut, mata kuliah kajian Islam kontemporer dalam bentuk ushul fiqh (jurisprudensi Islam), dan fiqhmuamalah (hukum dagang Islam) terdapat dalam tiga universitas tersebut dengan nama yang berbeda-beda tetapi mempunyai esensi yang sama. Di Reading University dinamakan prinsip-prinsip perdagangan Islam (the Principles of Islamic Commercial), dan Jurisprudensi dan Desain Kontrak-Kontrak (Jurisprudence and the Nominate Contracts), di Durham University dinamakan Hukum Perdagangan Islam dan Transaksi Keuangan (Islamic Law and Financial Transactions), dan di Salford University dinamakan Filsafat Ekonomi dan Keuangan Islam (Philosophy of Islamic Economics and Finance). Jurisprudensi Islam sangat penting dalam program ini karena mata kuliah tersebut menjelaskan proses penarikan sebuah hukum atau produk fikih dari sumber-sumber hukum Islam baik yang primer (Al-Qur’an dan Sunnah), ataupun yang sekunder (Ijma, Qiyas, MasalihMursalah, dll) melalui proses intelektual yang komprehensif yaitu Ijtihad. Sedangkan fiqh muamalah adalah produk dari proses pencarian hukum ini.
Turunan dari mata kuliah inti tentang ekonomi dan keuangan Islam tersebut akan sangat bervariasi, mulai dari mata kuliah Islamic financial products and services, Islamic capital market, Islamic financial market, instruments, dan Islamic accounting, dan takaful (Islamic insurance). Semua mata kuliah-kuliah tersebut diasumsikan bersandar pada dua mata kuliah inti (core courses) yang dijelaskan diatas.
Sedangkan mata kuliah yang berhubungan dengan ekonomi dan manajemen modern berbeda satu sama lain. Hal tesebut mengindikasikan bahwa kompetensi inti setiap lulusannya adalah berbeda. Oleh Karena itu, calon pelamar harus memahami tujuan program studi keuangan Islam termasuk secara spesifik dan kompentensi inti yang ingin dicapai oleh program-program tersebut.
Beberapa Program S-2 dan S-3 Ekonomi Keuangan Islam di Inggris
Dibawah ini adalah informasi program studi ekonomi keuangan Islam tingkat pascasarjana (S2 dan S3) di beberapa universitas di Inggris (Tabel 2). Pemilihan universitas tersebut dilakukan secara random berdasarkan pencarian di internet dimana informasi yang dihadirkan adalah program tingkat pascasarjana (MSc/MBA/PhD in Islamic Economics, Banking, and Finance).  Di luar universitas tersebut diasumsikan lebih banyak lagi universitas dan lembaga pendidikan formal yang menjadikan ekonomi dan keuangan Islam bukan sebagai gelar resmi tetapi sebagai sebuah jurusan, mata kuliah inti dan pilihan, serta gelar professional, seperti di SOAS University of London, Oxford University, University of Manchester, dan Institute of Islamic Banking and Insurance London.
Tabel 2. Program MSc/MA/MBA/PhD di Inggris
No
Universitas
Gelar
Beasiswa Internal
Persyaratan Masuk
Secara Umum
1
Durham Center for Islamic Economics and Finance, Durham University
MA/MSc/PhD in Islamic Economics and Finance
NA (Master)
Yes (PhD)
Expected IELTS 7.0
Bachelor Degree (S2)
Master Degree (S3)
Research Proposal (S3)

2
ICMA Center – Henley, Reading University
MSc Investment Banking and Islamic Finance/PhD in Economics
NA (Master)
Yes (PhD)
IELTS 6.5
Bachelor Degree (S2)
Master Degree (S3)
Research Proposal (S3)

3
Salford Business School, Salford University
MSc Islamic Banking and Finance
NA
IELTS 6.5
Bachelor Degree (S2)

4
Bangor Business School, Bangor University
MBA/PhD in Islamic Banking
Yes (Master)
Yes (PhD)
IELTS 6.0
Bachelor Degree (S2)
Master Degree (S3)

5
The Markfield Institute of Higher Education
MSc/PhD Islamic Economics and Banking
NA (Master/PhD)
IELTS 6.5 (S2)
IELTS 7.0 (S3)
Bachelor Degree (S2)
Master Degree (S3)

6
Aston Business School
MSc Islamic Finance
NA
IELTS 7.0
Bachelor Degree (S2)
Website:http://www1.aston.ac.uk/aston-business-school/programmes/postgraduate/msc-programmes/msc-islamic-finance/

7
Business School, Newcastle University
MSc Finance and Law with Islamic Finance
Yes (Master)
IELTS 6.5
Bachelor Degree (S2)

8
London School of Business and Finance
MSc in Islamic Banking and Finance
Yes (Master)
Expected IELTS 6.5
Bachelor Degree (S2)
Website: http://www.lsbf.org.uk/programmes/masters/msc/msc-in-islamic-banking-and-finance.html

9
University of Dundee
MSc Islamic Accounting and Finance
Yes (Master)
IELTS 6.5
Bachelor Degree (S2)

10
University of East London
MBA Islamic Finance
NA
IELTS 6.5
Bachelor Degree (S2)



1 comment:

NUR SYAM ADE said...

buat s2 jurusan islamic banking bagusnya dimna ya mas ?